Rangkuman VPS(Proxmox)

Bab 12

    VPS 
   -  Definisi VPS
      Virtual Private Server atau yang lebih akrab dikenal dengan nama VPS ini merupakan sebuah server hosting yang berupa virtualisasi dalam sebuah dedicated server.
Artinya, pengguna dari hosting ini lebih secara individu (private). Dengan demikian, resource VPS hanya digunakan oleh Anda sendiri sebagai penyewa hosting.
VPS biasanya disebut juga dengan nama Virtual Dedicated Server yang berarti bahwa satu server yang dibagi–bagi menjadi sebuah virtual mesin.Dengan kata lain, dalam satu komputer server terdapat beberapa sistem operasi server, yang tentunya secara. kepemilikan antara satu sistem operasi dengan yang lainnya tidaklah sama.

-      Kelebihan dan Kekurangan VPS
      Berbeda dengan shared hosting, di VPS Anda memiliki akses penuh untuk direktori ROOT sehingga dapat melakukan apa saja terhadap hosting tersebut. Dengan begitu, Anda bebas untuk menginstall software apapun yang diinginkan tanpa ada larangan dari pihak hosting.Kondisi server pun lebih stabil karena Anda tidak perlu berbagi dengan pengguna lain. Umumnya harga sewa VPS ini lebih mahal jika dibandingkan dengan share hosting.Namun, harga tersebut sesuai dengan segi kualitas layanan serta keleluasaan yang akan Anda dapatkan. Selain itu, menggunakan VPS relatif lebih susah daripada menggunakan shared hosting.Pasalnya, sebelum dapat menggunakan server tersebut, Anda wajib menginstall software dan mengatur banyak hal sehingga kurang cocok untuk pemula.

-      Perbandingan VPS server dengan server hosting lainnya
Kali ini kita akan mencoba membandingkan VPS dengan server hosting lainnya, yaitu Dedicated Server, Berikut adalah perbedaan dan persamaan yang kami kelompokkan berdasarkan tiap karakter baik dari VPS maupun Dedicated Server:
        Kontrol
Pada VPS, klien dapat memiliki kendali atas mesin virtual pada cluster dengan mesin-mesin virtual lainnya. Sedangkan pada Dedicated Server, klien memiliki kontrol yang penuh terhadap server fisik tunggal dengan akses admin ke semua sumber daya server yang ada.
        Ketersediaan Sumber Daya
Pada VPS, CPU dibagi dengan VPS lainnya, namun menggunakan RAM dan HDD khusus. Sedangkan pada Dedicated Server, tersedia semua daya pemrosesan CPU / RAM & HDD yang ditugaskan ke pengguna tunggal tanpa berbagi ke server lainnya.
        Software Customization
Pada VPS, klien dapat akses penuh sebagai admin & dapat melakukan root control. Konfigurasi perangkat lunak bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Hal yang sama berlaku pada Dedicated Server.
        Migrasi
Migrasi VPS di dalam cluster lokal dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Sedangkan lewat Dedicated Server, migrasi antara servernya dilakukan terpisah secara fisik dan ini memakan waktu lebih lama.
        Skalabilitas
Cloud VPS ini sangat terukur, memungkinkan untuk menambah atau menurunkan RAM, CPU & HDD secara real time tanpa downtime. Sedangkan pada Dedicated Server, intervensi fisik dibutuhkan sehingga upgrade dan downgrade bisa mengakibatkan downtime. Dengan VPS, Anda tidak perlu menunggu waktu lama jika Anda sudah memutuskan untuk melakukan upgrade maupun downgrade. Sebaliknya, pada Dedicated Server tidaklah mudah untuk melakukan upgrade tanpa memindahkan hardware tambahan yang notabene butuh waktu lebih lagi.
        Biaya
VPS murah dan sangat hemat biaya. Anda membayar sesuai dengan apa yang Anda gunakan. Sementara itu, Menggunakan Dedicated Server biayanya lebih tinggi di muka dan ada biaya berkelanjutan lagi. Bisa jadi juga lebih mahal jika sumber dayanya kurang dimanfaatkan.
        Deployment
Pada VPS bisa berlangsung cepat, kurang dari 2 menit deployment berlangsung biasanya. Sedangkan pada Dedicated Server, berlangsung lebih lambat, kira-kira memakan waktu 2 jam. Walaupun waktu instalasi lebih singkat, VPS memiliki fungsi yang mirip dengan Dedicated Server. Anda bisa install apa saja dan konfigurasi apa saja yang menurut Anda paling cocok. Semuanya tergantung pada kebutuhan Anda.
        High Availability (HA)
HA mungkin terjadi dengan Cloud VPS. Hal ini dikarenakan datanya tersimpan pada beberapa server, tidak hanya server tunggal. Sehingga kegagalan tidak terjadi pada satu titik terpusat. Sementara, pada Dedicated Server, kemungkinan terbatas untuk HA. Redundansi terbatas pada level server (dual power supplies, kartu jaringan, CPU, RAID, hot swap array). Hal ini menjadikannya pilihan biaya yang lebih tinggi. HA memerlukan pengaturan sekumpulan server yang akan meningkatkan biaya pembuatan di awal dan biaya pemeliharaannya.
        Keamanan
Akses root di VPS memastikan tidak ada yang bisa mengakses data Anda selain pihak yang diinginkan. Perusahaan hosting memiliki hak admin atas cloud mereka sehingga mereka memiliki kontrol secara menyeluruh. Pada Dedicated Server, klien memiliki kontrol penuh atas server fisiknya. Kontrol penuh juga dimungkinkan.
Singkatnya, VPS ini bila dibandingkan dengan Dedicated Server memiliki keunggulan sebagai berikut:
        Deployment-nya instan sehingga tidak menunggu lama terlebih dahulu
        Biaya yang dihabiskan untuk entry tergolong rendah atau tidak mahal
        Biaya yang dikeluarkan secara efektif, Anda bayar untuk apa yang Anda pakai
        Fleksibilitas dalam artian upgrade atau downgrade dilakukan sesuai kebutuhan Anda
        Migrasi dapat dilakukan dalam waktu singkat
        Availability yang tinggi dengan harga terjangkau
Satu hal di mana Dedicated Server memiliki sedikit kelebihan adalah dalam kasus di mana secure belt dan braces security diperlukan. Sebenarnya ini lebih berkaitan dengan masalah peraturan atau kebiasaan daripada masalah keamanannya.
Kesimpulannya, VPS Cloud bisa menawarkan kinerja yang relatif sama dengan Dedicated Server dengan biaya yang lebih murah dan tanpa waktu lama untuk upgrade. Cloud VPS (Virtual Private Server) bisa menjadi pilihan bagi mereka yang ingin bergelut di dunia maya tanpa menghabiskan dana secara besar-besaran. 
pada VPS kali ini kita akan menggunakan proxmox,berikut video cara menginstall proxmox
Tutorial Cara install Proxmox :


Comments

Popular posts from this blog

Ini Dia Referensi Desain Logo yang sedang ngetren!!

Rangkuman Dedicated Hosting