Rangkuman Control Panel Hosting






Apa itu Control Panel Hosting?


Control panel hosting merupakan layanan yang berisi fasilitas untuk mengatur semua fungsi dalam server
Contoh control panel hosting  yang populer adalah :
-EHCP
 EHCP merupakan control panel berbasis open-source, dapat Anda gunakan untuk hosting situs website, membuat akun email, FTP, dan sub domain secara gratis. Perlu diketahui oleh para pengguna hosting murah, EHCP merupakan control panel untuk hosting yang pertama ditulis dengan bahasa PHP.

-Plesk
Control panel pertama adalah Plesk. Plesk saat ini tersedia bagi OS server Linux dan Windows. Sekalipun Plesk cukup populer, namun control panel ini tergolong rumit untuk diakses oleh pengguna hosting Indonesia yang masih pemuula, karena memiliki antarmuka yang cukup membingungkan dan mengharuskan penggunanya memiliki pengetahuan web server jika ingin melakukan optimasi.

-Cpanel
menjadi control panel web hosting paling populer dan paling umum digunakan oleh sebagian besar jasa penyedia web hosting baik di Indonesia maupun dunia.  cPanel mempunyai fitur terlengkap yang bisa digunakan oleh Anda untuk mengatur semua kebutuhan pembuatan website, melalui tampilan antarmuka yang responsif dan mudah digunakan. Yang paling menarik, cPanel pun hadir dengan fitur auto fix, memberikan solusi praktis terhadap permasalahan yang ditemui oleh para penggunanya.  Bagi sahabat Dewaweb sekalian yang mungkin belum terlalu familiar dengan dunia web atau hosting, kami amat menyarankan untuk menggunakan cPanel sebagai control panel server hosting Anda karena sifatnya yang user-friendly dan hingga saat ini masih terus dikembangkan.

Tapi mengenai Control Panel kali ini,saya akan memberikan contoh instalasi EHCP dan Webmin  di video dibawah..


Tutorial install webmin pada linux debian 9:


Tutorial Install EHCP pada linux debian 9:



                                      




Comments

Popular posts from this blog

Ini Dia Referensi Desain Logo yang sedang ngetren!!

Rangkuman VPS(Proxmox)

Rangkuman Dedicated Hosting